stay on my way, keep believe that we can do what we believe can do

03/10/13

Rukun Islam Kelima

Semua umat Islam pasti tahu kalau rukun islam kelima adalah haji. Ya barang siapa yang mampu untuk melaksanakannya segera laksanakan untuk bisa menyempurnakan rukun Islam.
Namun, semua usaha yang dilakukan oleh umat manusia tetap harus sesuai dengan apa yang Allah kehendaki, seperti apabila kita telah mampu naik haji namun belum waktunya untuk kesana, apapun caranya pasti kita juga belum bisa ke Tanah Suci tersebut. Begitu pula sebaliknya ketika kita belum mampu untuk melaksanakannya, namun Allah telah menghendaki kita untuk ke sana, Insya Allah akan ada berbagai cara hingga kita mampu ke sana. Namun, tenang saja, Allah Maha Bijaksana, Allah selalu memberikan apa yang dibutuhkan dan apa yang terbaik bagi umat-Nya.

Sekedar cerita aja sih, lagi pengen mosting ini juga karena pengalaman kedua orang tuaku. Kira-kira 1 tahun yang lalu, ketika beliau-beliau sudah mendaftarkan diri sebagai calon haji di salah satu biro di Yogyakarta pada bulan Mei, namun ternyata biro tersebut "seingatku sih" kurang mampu untuk mengatasi banyaknya calon haji yang mendaftar, alhasil selanjutnya kedua orang tuaku bersama teman bapakku dan keluarganya pula mencoba mencari biro lain di Semarang, Alhamdulillah soal dana yang telah dibayar di Yogyakarta dapat kembali.


Beliau baru mendaftar sekitar bulan Agustus 2012, sedangkan seingatku bulan September itu diperkirakan akan berangkat, selama mengurusi segala kebutuhan dan menunggu visa dan paspor turun semuanya lancar, mendekati hari H bapak dan ibu mulai pamit kepada keluarga-keluarga dan tetangga, hingga pada malam H-1 menjelang keberangkatan ke Semarang, beliau ditelpon dari pihak biro bahwa belum bisa berangkat tahun ini. Jdaaarr, aku saja sebagai anak tidak mampu membayangkan bagaimana perasaan mereka, namun kedua orang tuaku hanya bisa pasrah dan berkata padaku bahwa memang belum waktunya untuk berangkat ke sana, Alhamdulillah mereka ikhlas dan bersabar menghadapi problem tersebut.


Hikmah dari ikhlas dan kesabaran tersebut memang ada lo, di tahun berikutnya, alias tahun 2013 ini, kedua orang tuaku diberi kesempatan untuk menunaikan umroh GRATIS, ya sebagai hadiah karena biro belum bisa membantu beliau untuk naik haji tahun 2012. 
Selanjutnya, menjelang hari raya Idul Adha ini, kedua orang tuaku mendapatkan kabar untuk bersabar menunggu visa turun, kalau memang belum turun biro minta maaf, ya memang segala sesuatu itu menurut kehendak Allah. Dan ternyata setelah menunggu hampir seminggu, visa bapak dan teman bapak (2 dari 5 orang yang direncanakan berangkat) sedangkan visa ibu dan keluarga teman bapak belum turun. 
Alhamdulillah, ibu bisa menerima dengan kejadian ini, mungkin memang tahun ini belum waktunya ibu untuk berangkat dan menyempurnakan rukun Islam yang kelima ini. Ibu dan bapak hanya bisa meyakini semuanya ini memang telah digariskan oleh Allah, InsyaAllah yang terbaik dan tetap ada hikmahnya.

Ya Allah berikanlah kelancaran bagi kedua orang tua hamba untuk menunaikan ibadah haji, yang pasti berikanlah beliau-beliau kesehatan dan umur panjang, serta semoga Engkau izinkan hamba untuk membahagiakan mereka. Aamiin Yaa Rabbal 'Aalamiin.

Intinya sih ya, sebagai umat manusia kita cuma bisa bersabar, bersyukur, dan menerima dengan segala sesuatu yang telah diberikan Allah. Allah selalu memberikan apa yang kita butuhkan lo, 
Walaupun prakteknya sulit, karena manusia pasti mudah mengeluh, tapi ini cuma sebagai salah satu cara untuk saling mengingatkan aja sih teman-teman. hehee.. 
Semoga kita senantiasa diberkahi dan dilindungi Allah. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar